Setahun Lalu Nonton John Mayer

By Liku Layuk Allo - April 20, 2020

foto dari sini
Sebenarnya ini ngga tau juga mau nulis apa. Tapi berhubung sudah sebulan di rumah doing nothing, kerjaan juga ngga jelas sebenarnya kerja apa ndak, jadi saya putuskan untuk cerita-cerita ringan aja. 

Sebenarnya bukan hari ini, tapi awal bulan April ini, adalah tepat setahun sejak saya menonton konser John Mayer di Jakarta. Kebetulan momen ini memang "sesakral itu" buat saya pribadi, jadi ya why not, mari kita kenang saja. 

Mungkin saya sudah pernah cerita, kalo John Mayer adalah salah satu dari musisi favorit saya di seluruh dunia. Musisi yang mugkin paling banyak saya hapal lagu-lagunya. Makanya, begitu tau dia akan konser di Jakarta, tentunya saya sudah mengambil ancang-ancang untuk melototin hp sejam sebelum penjualan dan membeli tiket terdepan. Tapi berhubung ini John Mayer, saya tidak masuk dalam golongan orang beruntung, dan tidak mendapatkan tiket di kelas manapun. Tiket yang paling saya inginkan, Premium Festival, habis dalam 1 menit(?) kalo saya tidak salah ingat. Setelah bergelut sejam dan masih gagal, saya sampai panas dingin karena udah susah tidur masih gak dapet pula njir. Tapi setelah berdiskusi dengan teman saya Rahmat, yang juga ingin membeli tiket, maka kami sepakat untuk membeli tiket calo yang dijual oleh seseorang di Twitter. Untungnya, tiket tersebut kami sambar secepatnya, karena kalau tidak pasti udah habis juga. Walaupun benci sama si calo yang sempat-sempatnya menggunakan kesempatan ini untuk mengambil untung, saya dan Rahmat sangat bersyukur berhasil mendapatkan tiket Premium Festival idaman kami dengan harga yang .... hmm menurut saya masih reasonable, gak naik seratus persen juga. Banyak website calo dan orang-orang lainnya yang mendongkrak harga secara tidak berperikemanusiaan dan berperikeadilan.

Akhirnya saya pun berangkat ke Jakarta dan menonton konser di BSD City bersama Rahmat dan keluarga saya (ipar saya Gadis, dan adik-adik; Dara dan Putri). 


Saking bersemangatnya, kami datang kepagian, dan kerumunan antrian masih kayak foto di bawah. Akhirnya kami putuskan untuk berjalan-jalan dulu di Mall Aeon, makan siang, dan minum boba. 




Ipar saya yang baju item, lagi hamil jadi nontonnya duduk di VIP. Ponakan saya si Tobias (yang sekarang udah 9 bulan umurnya) dari janin udah dididik dengar JM, jadi awas aja kalo gede-gedenya dia ga suka.
Uniknya pengalaman nonton konser ini: berangkatnya rame-rame, tapi nontonnya beda kelas semua. Saya dan Rahmat sekelas, tapi kepisah juga berdirinya soalnya saya tiba-tiba kebelet pipis beberapa saat sebelum konser mulai, dan pas balik, dia udah jauh di depan panggung :((

Setelah menunggu lama, akhirnya pukul 8 malam mulai juga konsernya. Walaupun posisi berdiri saya sudah kegeser dari awal yang lumayan depan banget, tapi untungnya semakin lama konser berlangsung,  saya bisa semakin menyelinap kedepan. Ada Ega juga (sodara ipar saya yang lain lagi, nyusul abis pulang kantor) yang nemenin. 

Lihat John Mayer langsung itu surreal lah. Yah, bayangkan aja, anda sudah nge-fans sama penyanyi bule siapapun itu dari jaman kapan tahun, trus tiba-tiba ada aja gitu di depan mata anda, saya pun berdiri dengan jarak yang cukup dekat dari panggung. Lagu pertama muncul saya udah teriak-teriak ga karuan. Saking hepinya saya udah lupa berdiri selama dua jam. Damn, he's more awesome in person. Orangnya ganteng pol, karismatik, dan hobi ngelawak juga. Yang saya tidak habis-habis pikir, THE VOICE IS EVEN GREATER LIVE! Gila ya, saya udah sempat mikir sebelum konser "duh, mudah-mudahan dia ga kelelahan karena dia juga lagi tur Asia.. Indo udah negara keberapa nih", tapi pikiran bodoh ku itu langsung dihempaskan dengan penampilan yang prima dan suaranya yang alamakjan jauh lebih bagus dari records-nya. Gils. Pengen nangis berkali-kali udah pasti lah itu hampir sepanjang konser.


ga janjian pake headband sama babang John kok bisa samaan :(
Intinya ya tentunya berbahagia adalah kata yang tepat. Nyaris semua lagu yang dibawakan saya bisa nyanyikan (baca: teriakkan), dan secara sound juga perfect sih. Mulus. Walaupun tampilan doi sangat sederhana, tapi "momen throwback-ing" itu udah sangat menggambarkan tingkat ke-religius-an konser ini. Beberapa lagu yang dibawakan membawa saya kembali ke masa-masa dimana saya sangat menggandrungi lagu -lagu tersebut. Massanya juga keren sih. At least penonton mas-mas yang di sekeliling saya, hampir semua hapal lagu-kagunya jadi kita kompakan teriak bareng. Cuman ini uniknya lagi, Ega "menyerah" lupa di lagu keberapa, jadi dia izin mundur ke belakang, mungkin udah cape banget berdiri, jadi terpaksa saya pun lanjut sendirian. Sungguh sebuah pengalaman tak terlupakan menonton konser se-magical ini sendirian. Hiks. Seandainya ada Dara dan Uti, ga kebayang dah kita pasti udah peluk-pelukan dan galau-galauan bareng. 

setlist diambil dari IG babang John.
Ya saya bisa dibilang puas banget nonton konser itu. Setlist-nya, walau tidak semua lagu andalan saya dibawakan (Daughters? Born and Raised? Age of Worry?), tapi no complain lah. Segini aja saya udah bersyukur banget. Saya ingat, tahun lalu saya masih kerja di RS dan klinik, mengatur waktu untuk nonton konser itu juga lumayan ribet. Dan biaya tiket PP Jakarta + tiket konser yang calo itu juga lumayan bikin "hemmm" kalo dipikir-pikir, but I am grateful that I can afford it. Udah banyak hal-hal yang saya anggap 'luxury' yang boleh terjadi di kehidupan saya, dan saya ingat dulu.. waktu masih remaja, membayangkan mau nonton konser artis luar di Jakarta pun tentunya adalah sebuah kemewahan dan pastinya nggak bakal dikasih duit ama ortu karena dianggap tidak terlalu penting.  Saya ingat waktu saya SD, saya ingin sekali nonton Westlife di Jakarta (btw tahun lalu juga saya sudah beli tiket Westlife live in Jakarta, tapi terpaksa saya jual karena waktu yang tidak memungkinkan). Saya selalu ingat ibu saya dulu selalu berkata : "makanya cepat-cepat moko lulus sekolah dan cari duit sendiri biar ko bisa beli apapun yang ko mau." 

Dan pada akhirnya, semakin saya bertambah tua, saya pun sudah nonton Java Jazz yang banyak artis luar perform, saya bahkan sudah nonton Michael Buble di Kuala Lumpur, dan John Mayer yang dulu seperti tak tergapai pun akhirnya saya nonton juga.

Mengenang ini di tengah wabah Corona, betul-betul mengingatkan saya akan memori-memori menyenangkan yang saya diizinkan untuk mengalaminya sebelum wabah menyerang. Sekarang kan semua konser dibatalkan tuh. Sedih banget yang udah beli tiket harus refund. Tapi saya percaya suatu saat kita semua akan bernyanyi bersama lagi.  


  • Share:

You Might Also Like

0 comments